Kamis, 03 September 2015

UMMI KALSUM KLS 9-3 TUGAS REPRODUKSI PADA MANUSIA

Reproduksi adalah kemampuan makhluk hidup untuk menghasilkanketurunan yang baru. Tujuannya adalah untuk mempertahankan jenisnyadan melestarikan jenis agar tidak punah. Pada manusia untukmenghasilkan keturunan yang baru diawali dengan peristiwa fertilisasi.Sehingga dengan demikian reproduksi pada manusia dilakukan dengancara generatif atau seksual.Tanda kematangan alat reproduksi pada pria ditandai dengan keluarnyaair mani (ejakulasi) yang pertama yaitu pada saat mimpi basah.
Tanda kematangan alat reproduksi pada wanita ditandai dengan haidyang pertama (menarche)
Struktur Sistem Reproduksi pada Manusia
A. Pria
Alat reproduksi pria terdiri atas alat kelamin luar dan alat kelamin dalamOrgan reproduksi luar terdiri dari:
1. Penis merupakan organ kopulasi yaitu hubungan antara alat kelamin jantan dan betina untuk memindahkan semen ke dalam organ reproduksibetina. Penis diselimuti oleh selaput tipis yang nantinya akan dioperasipada saat dikhitan/sunat
2. 2. Scrotum merupakan selaput pembungkus testis yang merupakanpelindung testis serta mengatur suhu yang sesuai bagi spermatozoa.Organ reproduksi dalam terdiri dari:1. Testis merupakan kelenjarkelamin yang berjumlah sepasangdan akan menghasilkan sel-selsperma serta hormonetestosterone. Dalam testis banyakterdapat saluran halus yangdisebut tubulus seminiferus.2. Epididimis merupakan saluranpanjang yang berkelok yangkeluar dari testis. Berfungsi untukmenyimpan sperma sementaradan mematangkan sperma.
3. Vas deferens merupakan saluran panjang dan lurus yang mengarah keatas dan berujung di kelenjar prostat. Berfungsi untuk mengangkutsperma menuju vesikula seminalis.

4. Saluran ejakulasi merupakan saluran yang pendek danamenghubungkan vesikula seminalis dengan urethra.
5. Urethra merupakan saluran panjang terusan dari saluran ejakulasi danterdapat di penis.Kelenjar pada organ reproduksi pria
1. Vesikula seminalis merupakan tempat untuk menampung spermasehingga disebut dengan kantung semen, berjumlah sepasang.Menghasilkan getah berwarna kekuningan yang kaya akan nutrisi bagisperma dan bersifat alkali. Berfungsi untuk menetralkan suasana asamdalam saluran reproduksi wanita.
2. Kelenjar Prostat merupakan kelenjar yang terbesar dan menghasilkangetah putih yang bersifat asam.
3. Kelenjar Cowper’s/Cowpery/Bulbourethra merupakan kelenjar yangmenghasilkan getah berupa lender yang bersifat alkali. Berfungsi untukmenetralkan suasana asam dalam saluran urethra.
B. Wanita
Alat reproduksi perempuan terdiri atas alat kelamin luar dan alat kelamindalam.Organ reproduksi luar terdiri dari :
1. Vagina merupakan saluran yang menghubungkan organ uterus dengantubuh bagian luar. Berfungsi sebagai organ kopulasi dan saluranpersalinan keluarnya bayi sehingga sering disebut dengan liangperanakan. Di dalam vagina ditemukan selaput dara.
2. Vulva merupakan suatu celah yang terdapat di bagian luar dan terbagimenjadi 2 bagian yaitu:
•Labium mayor merupakan sepasang bibir besar yang terletak dibagian luas dan membatasi vulva.
•Labium minor merupakan sepasang bibir kecil yang terletak dibagian dalam dan membatasi vulva.

Organ reproduksi dalam terdiri dari:
1. Ovarium merupakan organ utama pada wanita. Berjumlah sepasangdan terletak di dalam rongga perut pada daerah pinggang sebelah kiridan kanan. Berfungsi untuk menghasilkan sel ovum dan hormon wanitaseperti:
•Estrogen yang berfungsi untuk mempertahankan sifat sekunderpada wanita, serta juga membantu dalam prosers pematangan selovum.
•Progesterone yang berfungsi dalam memelihara masa kehamilan.
2. Fimbriae merupakan serabut/silia lembut yang terdapat di bagianpangkal ovarium berdekatan dengan ujung saluran oviduct. Berfungsiuntuk menangkap sel ovum yang telah matang yang dikeluarkan olehovarium.
3. Infundibulum merupakan bagian ujung oviduct yang berbentukcorong/membesar dan berdekatan dengan fimbriae. Berfungsimenampung sel ovum yang telah ditangkap oleh fimbriae.
4. Tuba fallopi merupakan saluran memanjang setelah infundibulum yangbertugas sebagai tempat fertilisasi dan jalan bagi sel ovum menuju uterusdengan bantuan silia pada dindingnya.
5. Oviduct merupakan saluran panjang kelanjutan dari tuba fallopi.Berfungsi sebagai tempat fertilisasi dan jalan bagi sel ovum menujuuterus dengan bantuan silia pada dindingnya.
6. Uterus merupakan organ yang berongga dan berotot. Berbentukseperti buah pir dengan bagian bawah yang mengecil. Berfungsi sebagaitempat pertumbuhan embrio. Tipe uterus pada manusia adalah simpleksyaitu dengan satu ruangan yang hanya untuk satu janin. Uterusmempunyai 3 macam lapisan dinding yaitu :
•Perimetrium yaitu lapisanyang terluar yang berfungsi sebagaipelindung uterus.
•Miometrium yaitu lapisan yang kaya akan sel otot dan berfungsiuntuk kontraksi dan relaksasi uterus dengan melebar dan kembalike bentuk semula setiap bulannya.
•Endometrium merupakan lapisan terdalam yang kaya akan seldarah merah. Bila tidak terjadi pembuahanmaka dindingendometrium inilah yang akan meluruh bersamaan dengan selovum matang.
7. Cervix merupakan bagian dasar dari uterus yang bentuknyamenyempit sehingga disebut juga sebagai leher rahim. Menghubungkanuterus dengan saluran vagina dan sebagai jalan keluarnya janin dariuterus menuju saluran vagina.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

Barru WanuAku