Sabtu, 14 Februari 2015

Apa Pengertian & Manfaat Cahaya Tampak?

Spektrum cahaya tampak terdiri dari merah, oranye, kuning, hijau, biru, nila, dan cahaya ungu, dan warna-warna ini dikombinasikan (digabung jadi satu) sehingga terbentuklah cahaya putih.
apa itu pengertian cahaya tampak adalah Gambar cahaya tampak menjadi warna cahaya jika dilewatkan pada prisma
Gambar cahaya tampak menjadi warna cahaya jika dilewatkan pada prisma
Tulisan ini menjawab pertanyaan:
Apa itu cahaya tampak (white light)?
Apa pengertian dari cahaya tampak?
Apa yang dimaksud dengan cahaya tampak?
Bagaimana cara membuat cahaya tampak?
Apa manfaat dari cahaya tampak?

Cahaya putih (Cahaya tampak) adalah nama cahaya yang dapat dilihat mata manusia ketika semua warna yang membentuk spektrum cahaya tampak digabungkan; spektrum cahaya tampak terdiri dari merah, oranye, kuning, hijau, biru, nila, dan cahaya ungu, dan warna-warna ini dikombinasikan (digabung jadi satu) sehingga terbentuklah cahaya putih. Ketika kita melewatkan cahaya putih (sinar) melalui prisma, maka cahaya tersebut terpecah menjadi warna tersendiri dari spektrum cahaya tampak. Umumnya cahaya putih hanya disebut sebagai "cahaya" saja atau "cahaya tampak," dan cahaya inilah yang membuat mata kita bisa melihat alam sekitar. Sumber cahaya putih alami yaitu Matahari dan bintang-bintang, sedangkan yang buatan yaitu lampu hemat energi atau lampu-lampu yang bersinar putih.

Darimana Cahaya Tampak Berasal?

Pancaran sinar dari cahaya tampak disebabkan karena panas. Benda dengan suhu yang lebih rendah memancarkan radiasi inframerah yang tidak dapat dilihat oleh mata. Tapi jika suhunya lebih panas, panjang gelombang akan menjadi lebih pendek dan lebih cerah, berubah dari merah ke kuning lalu ke putih; cahaya putih inilah yang bisa dilihat dengan mata manusia. Selain matahari dan lampu, ada juga bahan cair, seperti logam atau kaca, juga bersinar memancarkan cahaya.

Sebagian besar sumber cahaya yang panas, berarti jenis radiasi yang dipancarkan merupakan karakteristik dari suhu sumber cahaya tersebut. Cahaya tampak terutama dipancarkan oleh matahari dan bintang-bintang lainnya. Bahkan, sebagian besar energi yang dipancarkan matahari termasuk ke dalam spektrum yang bisa terlihat, oleh sebab itulah manusia bisa melihatnya berbagai cahaya. Sumber cahaya putih lainnya termasuk lampu pijar, lampu neon, lampu halogen, LED putih, dan api.

Jika cahaya berwarna merah, biru, dan hijau digabungkan, maka akan terbentuk cahaya tampak (cahaya putih)
Jika cahaya berwarna merah, biru, dan hijau digabungkan, maka akan terbentuk cahaya tampak (cahaya putih)

Spekrum Elektromagnetik

Gelombang cahaya tampak merupakan bagian dari spektrum elektromagnetik (EM), termasuk gelombang radio, gelombang mikro, inframerah, ultraviolet, sinar-X, dan sinar gamma. Cahaya tampak merupakan satu-satunya spektrum elektromagnetik yang bisa dilihat dengan mata manusia secara langsung tanpa menggunakan teknologi. Spektrum ini sangat besar, dengan gelombang yang ukurannya bervariasi; ada gelombang yang panjangnya ribuan kilometer (km) hingga gelombang yang panjangnya lebih kecil dari atom. Cahaya tampak ada di pita frekuensi yang sangat sempit dari spektrum elektromagnetik, antara inframerah (IR) dan ultraviolet (UV).

Warna-warna yang kita lihat merupakan hasil penyaringan dari cahaya tampak. Langit di Bumi berwarna biru karena molekul udara menyaring banyak panjang gelombang cahaya merah dari cahaya putih yang berasal dari matahari. Benda menyerap dan memantulkan gelombang cahaya yang berbeda untuk menghasilkan semua warna yang bisa dilihat.

Cahaya tampak dijadikan cahaya berwana, kemudian dicahaya berwarna dapat dijadikan cahaya tampak lagi, dengan menggunakan dua buah prisma.
Cahaya tampak dijadikan cahaya berwana, kemudian dicahaya berwarna dapat dijadikan cahaya tampak lagi, dengan menggunakan dua buah prisma.

Definisi Lainnya tentang Cahaya Tampak

Hal ini agak berbeda dari istilah yang umum kita dengar tentang cahaya tampak, beberapa penyembuh holistik mengacu pada cahaya putih sebagai bagian dari alam semesta yang menyimpan semua energi positif. Dengan menggunakan cahaya putih, diyakini bahwa aura dapat dibersihkan dan dilindungi dari energi negatif. Penyembuh spiritual, yoga, dan mistik merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mendapatkan cahaya ini, baik melalui doa dan meditasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

Barru WanuAku