Sabtu, 14 Februari 2015

Apa Pengertian & Manfaat Elektroforesis Kapiler?

Elektroforesis kapiler (capillary electrophoresis) adalah teknik yang digunakan untuk memisahkan molekul berdasarkan ukuran dan muatan listrik.

apa itu pengertian elektroforesis kapiler adalah Simulasi proses elektroforesis kapiler
Simulasi proses elektroforesis kapiler
Tulisan ini akan menjawan pertanyaan:
Apa itu elektroforesis kapiler?
Apa yang dimaksud dengan elektroforesis kapiler?
Apa pengertian dari elektroforesis kapiler?
Bagaiman proses elektroforesis kapiler terjadi?

Dalam biokimia, elektroforesis kapiler (capillary electrophoresis) adalah teknik yang digunakan untuk memisahkan molekul berdasarkan ukuran dan muatan listrik. Hal ini juga sering disebut kapiler zona elektroforesis atau gel elektroforesis kapiler. Analisis elektroforesis kapiler bergantung pada prinsip bahwa molekul memiliki muatan listrik yang berbeda dan bobot yang berbeda. Dengan demikian, ketika molekul dalam substrat terkena medan listrik, molekul yang berbeda akan bergerak ke arah yang berbeda dan pada kecepatan yang berbeda dalam substrat.

Ketika substrat terkena medan listrik dengan cara mencelupkan satu elektroda pada salah satu ujung dan satunya lagi pada ujung yang lain, maka molekul bermuatan positif akan bergerak menuju elektroda negatif, dan molekul bermuatan negatif akan bergerak menuju elektroda positif. Kecepatan relatif di mana molekul akan bergerak melalui substrat ditentukan oleh karakteristik yang dikenal sebagai ukuran hidrodinamik molekul. Ukuran hidrodinamik molekul tergantung pada dua faktor, massa, dan kekuatan muatan positif atau negatif. Sebuah molekul besar dengan muatan positif yang kuat akan cenderung bergerak relatif cepat menuju elektroda negatif dalam medan listrik. Sedangkan molekul kecil dengan muatan negatif yang lemah akan cenderung bergerak lebih lambat ke arah elektroda positif dalam medan listrik.

Pemasangan anoda dan katoda dalam elektroforesis kapiler tidak boleh terbalik
Pemasangan anoda dan katoda dalam elektroforesis kapiler tidak boleh terbalik
Setelah substrat dielektroforesis dalam jangka waktu tertentu, dan molekul-molekul yang dianalisis telah dipisahkan, maka molekul yang berbeda dalam substrat akan diketahui. Dalam sistem yang lebih modern, elektroforesis kapiler kini dilakukan dengan cahaya ultraviolet (UV). Penggunaan UV dapat berfungsi untuk menunjukkan arah dari molekul-molekul dalam substrat. Awalnya molekul yang akan dianalisis akan diproses dengan bahan kimia sehingga molekul tersebut mengandung neon. Metode pendeteksian neon sangat efektif, tapi hal ini tidak berlaku untuk semua molekul.

Penggunaan elektroforesis kapiler dalam penelitian banyak dan beragam. Elektroforesis kapiler sequencing adalah proses yang digunakan terutama oleh ahli genetika untuk menganalisis molekul materi genetik Deoxyribo Nucleic Acid (DNA). Ilmuwan makanan dapat menggunakan analisis protein elektroforesis kapiler untuk menentukan karakteristik kadar protein yang berbeda dalam makanan. Dalam penelitian medis, proses ini memiliki banyak aplikasi, seperti analisis antibodi, dan studi tentang bagaimana antibodi tersebut mengikat molekul lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

Barru WanuAku