Sabtu, 14 Februari 2015

Apa Pengertian, Manfaat, & Cara Kerja Medan Magnet?

Medan magnet muncul akibat dari gerakan partikel magnetik yang searah dalam suatu bahan. Misalkan, arus listrik yang mengalir melalui kawat.
apa itu pengertian magnet adaha Medan magnet dapat mengubah arah jarum kompas
Medan magnet dapat mengubah arah jarum kompas
Tulisan ini akan menjawab pertanyaan:
Apa itu magnet?
Apa itu medan magnet?
Apa pengertian dari medan magnet?
Bagaimana cara kerja magnet?

Magnet memiliki medan magnet yang menarik benda yang mengandung komponen besi. Sebagai contoh, beberapa benda tertarik magnet seperti besi, nikel, dan baja. Magnet digunakan untuk berbagai keperluan, misalnya untuk membuat sesuai bisa menempel pada pintu kulkas, membuat kompas, membuat wahana roller coaster, dan mengubah energi mekanik menjadi energi listrik (motor listrik). Bahkan magnet banyak digunakan pada mainan anak-anak.

Untuk memahami bagaimana cara kerja magnet, berarti kita sedang mencari apa itu medan magnet dan bagaimana cara kerjanya. Di sekitar magnet, magnet memiliki wilayah (medan) yang dapat dijangkau oleh daya tarik magnet. Wilayah ini sebenarnya ditempati oleh pancaran gaya magnet yang disebut medan magnet. Jika ada benda berbahan besi ditempatkan pada wilayah ini, maka besi itu akan terkena gaya medan magnet.

Serbuk besi yang ditabur di atas magnet yang dilapisi kertas akan membentuk pola sebagaimana pola sesuai dengan arah medan magnetnya
Serbuk besi yang ditabur di atas magnet yang dilapisi kertas akan membentuk pola sebagaimana pola sesuai dengan arah medan magnetnya
Medan magnet muncul akibat dari gerakan partikel magnetik yang searah. Misalkan, arus listrik yang mengalir melalui kawat. Listrik sebenarnya adalah partikel subatomik bermuatan negatif yang disebut elektron yang bergerak melalui kawat. Akibat adanya aliran elektron ini, maka akan terbentuk medan magnet di sekitar kawat. Seperti itu pula pada magnet, medan magnet dari magnet disebabkan oleh gerakan elektron.

Medan magnet bisa menarik atau menolak logam tertentu, termasuk magnet. Sebuah magnet memiliki dua ujung yang disebut sebagai kutub. Salah satu kutun disebut kutub utara disebut dan kutub yang lain disebut sebagai kutub selatan. Agar dua magnet saling tarik-menarik, maka kita harus mendekatkan ujung-ujung atau kutub-kutub magnet yang berbeda. Jika kita menghadapkan kedua ujung yang sama (misalkan sama-sama kutub selatan), maka magnet tersebut akan saling tolak-menolak.

Menariknya, Bumi merupakan magnet alami yang ada di alam ini. Jika Anda melihat kompas, Anda akan melihat bahwa sisi ditandai "N" atau "U" akan menghadap ke kutub magnet bumi utara. Dengan demikian, fenomena tersebut menandakan bahwa kutub utara pada kompas merupakan kutub selatan pada batang magnet tersebut. Begitu juga dengan kutub selatan bumi, kutub selatan bumi merupakan kutub selatan untuk magnet bumi.

Bumi yang kita tinggali adalah magnet alami super besar
Bumi yang kita tinggali adalah magnet alami super besar
Ada beberapa magnet yang ada di dunia, dari yang alami atau buatan, magnet yang sifatnya permanen atau yang sifatnya hanya sementara. Ada juga mangnet yang dikategorikan sebagaia elektromagnetik. Magnet permanen mempertahankan sifat magnetiknya dalam waktu yang lama, sementara magnet sementara akan kehilangan sifat kemagnetannya dalam waktu yang singkat. Elektromagnet merupakan magnet yang dibuat dengan menggunakan aliran listrik. Kekuata kemagnetannya bisa diubah sesuai dengan arus listrik yang dilewatkan pada benda tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

Barru WanuAku