Sabtu, 14 Februari 2015

Perbedaan Hewan Berdarah Dingin & Berdarah Panas

Hewan berdarah dingin adalah hewan yang suhu tubuhnya begantung pada suhu lingkungan sekitar, sedangkan hewan berdarah panas adalah hewan yang suhu tubuhnya bergantung pada mekanisme dalam tubuh hewan tersebut.
apa itu pengertian berdarah dingin panas Ulat pada tangan manusia difoto dengan sensor / kamera pendeteksi panas
Ulat pada tangan manusia difoto dengan sensor / kamera pendeteksi panas
Tulisan ini menjawab pertanyaan:
Apa itu hewan berdarah dingin / panas?
Apa yang yang dimaksud dengan hewan berdarah dingin / panas?
Apa yang membedakan hewan berdarah dingin  dan panas?
Manusia termasuk makhluk berdarah dingin atau panas?

Hewan berdarah dingin adalah hewan yang suhu tubuhnya begantung pada suhu lingkungan sekitar, sedangkan hewan berdarah panas adalah hewan yang suhu tubuhnya bergantung pada mekanisme dalam tubuh hewan tersebut. Dengan perbedaan tersebut, hewan berdarah panas lebih banyak membutuhkan makanan daripada hewan berdarah dingin. Akan tetapi istilah "berdarah dingin" dan "berdarah panas" terkadang menyesatkan karena darah hewan berdarah dingin 'tidak selalu dingin', dingin yang dimaksud yaitu berdasarkan suhu lingkungan. Istilah yang lebih tepat adalah "ectothermic" bukan "berdarah dingin" dan "endotermik" atau "homeothermic" bukan "berdarah panas". Istilah lain untuk hewan ectothermic adalah "poikilotherms", yang berarti hewan yang memiliki suhu tubuh yang bervariasi.

Suhu tubuh kodok menyesuaikan dengan suhu lingkungan, sedangkan suhu beruang tetap sama ketika lingkungan bersalju atau ketika lingkungan panas. Perhatikan termometer di samping masing-masing gambar.
Suhu tubuh kodok menyesuaikan dengan suhu lingkungan, sedangkan suhu beruang tetap sama ketika lingkungan bersalju atau ketika lingkungan panas. Perhatikan termometer di samping masing-masing gambar.

Contoh Hewan Berdarah Panas dan Berdarah Dingin

Sebagian besar mamalia dan burung berdarah panas, dan hampir semua hewan jenis reptil, ikan, serangga, amfibi dan arakhnida adalah hewan berdarah dingin. Akan tetapi beberapa jadi jenis-jenis hewan tersebut tidak termasuk ke dalam pengelompokan tersebut. Misalnya tikus dan kelelawar, kedua hewan tersebut merupakan mamalia, akan tetapi suhu tubuh mereka dapat menyesuaikan dengan lingkungan (berdarah dingin) ketika mereka tidak aktif. Kemudian serangga, ngengat dan beberapa jenis lebah dapat meningkatkan suhu tubuh dengan sayapnya. Sedangkan beberapa jenis ikan memiliki mekanisme internal dari kondisi yang terlalu dingin untuk melindungi otak mereka agar tetap bisa bekerja dengan baik.

Kelelawar dan tikus adalah contoh mamalia yang berdarah dingin
Kelelawar dan tikus adalah contoh mamalia yang berdarah dingin

Kebutuhan Makanan

Salah satu perbedaan yang signifikan antara hewan berdarah panas dan berdarah dingin adalah bahwa hewan berdarah panas biasanya membutuhkan 3 hingga 10 kali lebih banyak makanan untuk bertahan hidup daripada hewan berdarah dingin. Sebab hewan berdarah panas harus mengatur panas tubuh mereka sendiri. Dengan demikian, hewan-hewan endotermik harus 3 sampai 10 kali lebih baik untuk memperoleh makanan, dan masing-masing tingkatan mempunyai krakteristik kebutuhan yang berbeda. Ectotherms dapat memanfaatkan sinar matahari dan faktor lingkungan lainnya dalam menyediakan panas untuk tubuh mereka, sehingga hewan-hewan tersebut tidak terlalu banyak membutuhkan makanan.

Kelebihan dan Kekurangan Berdarah Dingin dan Berdarah Panas

Ada beberapa kelebihan pada hewan endotermik - stamina yang lebih besar, hanya memiliki satu jenis enzim tubuh yang bekerja secara optimal pada suhu tertentu dan kemampuan untuk meningkatkan suhu tubuh selama cuaca dingin. Seekor laba-laba yang terjebak dalam badai salju akan membeku, tapi manusia memiliki setidaknya kesempatan untuk bertahan hidup. Hewan ectothermic perlu mempertahankan beberapa set enzim untuk proses biologis mereka karena hewan-hewan tersebut memiliki enzim yang sangat sensitif terhadap suhu, namun hewan endotermik hanya memiliki satu jenis enzim.

Keuntungan yang paling berguna menjadi endotermik adalah stamina yang lebih besar. Makhluk endotermik dapat berlari lebih cepat dari predator berdarah dingin. Predator berdarah panas dapat berlari lebih cepat dari mangsa yang berjenis ectothermic, dan hewan endotermik dapat hijauan untuk waktu yang lebih lama. Mungkin ada yang beranggapan bahwa makhluk endotermik lebih unggul karena mereka cenderung memiliki lebih banyak stamina, akan tetapi hewan tersebut tidak bisa bergerak lebih cepat daripada hewan berdarah dingin untuk waktu yang singkat, dan hewan endotermik lebih cepat merasa lapar daripada hewan ectothermic.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

Barru WanuAku